» » Kehadiran Tim Sergap Mabes TNI AD Bantu Petani Terhindar Dari Spekulan


PURWAKARTA. Ketua Tim Serapan Gabah Petani (Sergap) Mabes TNI AD Brigjen TNI Dudung Abdurahman menegaskan, kehadiran anggota TNI sebagai Tim Sergap bertujuan untuk membantu petani dan bukan menekan petani.

Hal ini disampaikan jenderal bintang satu itu saat menghadiri Panen Raya Padi di Desa Legok Sari, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Kamis (27/7).

"Kepada petani saya yakinkan, kehadiran kami anggota TNI sebagai Tim Sergap bertugas membantu petani, salah satu di antaranya menjauhkan petani dari praktik para tengkulak," ucapnya.

Brigjen Dudung menjelaskan, sering kali terjadi saat panen harga gabah di tingkat petani berada di bawah ketetapan Harga Pokok Pembelian (HPP) dari pemerintah akibat adanya spekulan. Sehingga pada akhirnya, panen padi yang seharusnya menjadi saat yang paling ditunggu-tunggu oleh para petani untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidupnya menjadi tak tercapai.

"Ada pun cara Tim Sergap membantu petani yaitu menyerap gabah petani semaksimal mungkin dengan HPP sesuai yang ditetapkan pemerintah dan terhindar dari para spekulan mau pun tengkulak yang mempermainkan harga," katanya.

Dirinya menambahkan, penyerapan gabah petani secara maksimal tersebut juga guna meningkatkan jumlah cadangan beras nasional.

"Dengan meningkatnya cadangan beras nasional, maka hal ini akan berimbas pada stabilnya harga beras di tanah air," ujarnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, sambung dia, tidak bisa hanya dilakukan oleh TNI saja melainkan semua pihak. Baik itu petani, pemerintah daerah, pihak Bulog dan instansi terkait lainnya.

"Mari kita sama-sama bergandengan tangan untuk mensukseskan program ini demi kesejahteraan petani sebagai tokoh utama dalam swasembada pangan dan ketahanan pangan nasional," katanya.

Dirinya juga meminta kepada seluruh anggota TNI khususnya yang ada di wilayah Kodim 0619/Purwakarta, jangan sekali-kali menekan petani untuk menjual gabahnya demi tercapainya target serapan gabah.

"Tujuan TNI dalam melaksanakan Sergap ini adalah kemanunggalan TNI dengan rakyat secara nyata dan terus menerus," ucapnya.(deni)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: