» » » SMK Taruna Sakti Gelar Pendidikan Demokrasi Pemilihan Ketua Osis Metode Pemilu


PURWAKARTA. Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Sakti (SMK TASA) Purwakarta, Sabtu (25-11-2017) kemarin, menggelar pendidikan demokrasi pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS dengan metode Pemilihan Umum (Pemilu).

"Metodenya dari mulai kampanye sampai debat calon kandidat hingga penjoblosan di bilik suara. Hal tersebut guna memahami tatacara pendidikan demokrasi," ujar Yayang Gilang Sonjaya Kepala Sekolah SMK Tasa Purwakarta. Senin (27/11).

Metode tersebut diikuti seluruh siswa siswi SMK Tasa Purwakarta, yang di gelar di area sekolah. Kami mencoba terapkan proses Pemilu.

Lanjut Kepsek SMK Taruna Sakti, Kegiatan ini digelar guna memberikan wawasan kepada para siswa. Tentang proses demokrasi dalam pemilu. Mengingat usia mereka yang akan genap 17 tahun dan menjadi pemilih pemula dalam Pilkada 2018 nanti.

"Beragam tahapan pemilu turut dilakukan dalam pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS ini dari mulai debat kandidat, kampanye, hingga proses pemungutan suara," Ujar pria yang akrab disapa Gilang.

Dijelaskannya, pelaksanaan pemilihan Ketua OSIS periode 2017/2018 ini, lanjut dia, merupakan wujud penanaman demokrasi sejak dini sehingga nantinya terbiasa dengan alam demokrasi yang ada di negara ini. "Jadikan Pemilihan ketua OSIS ini sarana untuk melatih berdemokrasi," ujarnya.

Pemilihan Ketua OSIS ini cukup menarik, karena sebelum pencoblosan, tambah dia, 3 pasang calon yang bertarung melakukan orasi serta menyampaikan visi dan misi yang akan dilaksanakan 1 tahun kedepan dalam memimpin.

"Hal ini perlu dilakukan untuk mengajarkan siswa agar berani mengungkapkan pendapatnya kepada orang banyak," katanya.

Sementara, Setiap siswa bergantian memberikan hak suaranya di mulai dari kelas 10 sampai dengan kelas 12, sehingga proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tetap dapat berjalan dengan baik, tersedia beberapa bilik suara bagi pemilih, sehingga Pemilihan pun dijamin kerahasiannya.

"Kita buat profesional Bagi kandidat yang bersaing supaya dapat menerima apapun hasil yang diperoleh dalam proses pemilihan yang dilaksanakan. Selain itu Ketua dan Wakil Ketua OSIS yang nantinya terpilih mampu menjadi sosok pemimpin yang dapat memberikan contoh yang baik bagi seluruh pelajar di SMK Tasa," ucapnya. (DeR.)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: