» » DPMPD Bersama Pemdes Gelar Bursa Inovasi Desa


PURWAKARTA. Pemkab Purwakarta melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) setempat, Kamis (28/12), menggelar Bursa Inovasi Desa di Gor Disbudpar Purwakarta, Purnawarman.

Acara yang diikuti 549 orang dari seluruh Desa yang ada di Kabupaten Purwakarta, dan dibuka oleh Wakil Bupati Purwakarta, Dadan Koswara.

Kasie Pengembangan Modal Usaha Dan Pemasaran Usaha Ekonomi Desa, Suryana, SE, MM mengatakan, sesuai hasil evaluasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), lingkup penggunaan Dana Desa pada umumnya masih didominasi oleh pembangunan prasarana dan sarana infrastruktur perdesaan.

"Program Inovasi Desa (PID) dirancang untuk mendorong dan memfasilitasi penguatan kapasitas gampong yang diorientasikan untuk memenuhi pencapaian target RPJM dan program prioritas Kemendes PDTT melalui peningkatan produktivitas Desa," ujar Suryana.

Untuk meningkatkan perekonomian, lanjut dia, desa bertumpu pada pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan, peningkatan kualitas SDM, serta pemenuhan dan peningkatan Infrastruktur Desa khususnya yang secara langsung berpengaruh terhadap perkembangan perekonomian di Desa.

"Dengan adanya Bursa Inovasi Desa ini kami berharap dapat menambah wawasan kita semua serta dapat meningkatkan kualitas dan manfaat pelaksanaan pembangunan di Desa agar lebih efektif dan inovatif," kata Suryana.

Ia berharap kegiatan itu dapat terlaksana dengan baik dan lancar sesuai yang diharapkan. Sehingga apa yang didapat pada acara tersebut dapat diimplementasikan di Desa masing-masing sesuai dengan potensi sumber daya yang ada.

"Jangan takut berinovasi selama tidak melanggar aturan. Dengan ada inovasi di Desa, Insya Allah akan melahirkan Desa yang mandiri," pungkasnya. (DeR)


«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: