» » Pasca Viral di Media 'R' Penderita Gangguan Jiwa Di Rantai Kakinya Akhirnya Dirujuk ke RSJ Cisarua



PURWAKARTA. Dengan munculnya pemberitaan Ratna (22), warga Kampung Cikadu RT 04/RW 08, Desa Taringgul Tengah, Kecamatan Wanayasa yang kakinya terpaksa dirantai keluarga lantaran mengalami gangguan kejiwaan dan sering bepergian jauh, langsung mendapat respons pemerintah desa setempat.

Senin (18/12) siang, Tim dari Puskesmas Wanayasa langsung mendatangi kediaman orangtua Ratna dan membujuk agar Ratna mau dibawa ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Cisarua Bandung untuk mendapatkan perawatan khusus dan layak.

Dikonfirmasi melalui telepon selulernya Kepala UPTD Puskesmas Wanayasa H Mansur membenarkan hal tersebut. "Atas persetujuan keluarga, kami membawa Ratna ke RSJ Cisarua Bandung," ujarnya.

Menurutnya kondisi Ratna sejak lama menjadi perhatian pihaknya. "Bahkan, ini adalah kali ketiga kami membawa Ratna ke RSJ Cisarua. Ada pun terakhir kali kami membawa Ratna ke RSJ pada tahun lalu," kata Mansur. 

Dirinya memaklumi pihak keluarga yang kondisinya dalam serbaketerbatasan dalam mengobati Ratna. "Padahal kami selalu siap menyediakan obat-obatan yang diperlukan Ratna. Namun itu tadi, mungkin pihak keluarga yang kondisinya serbaterbatas itu menyebabkan pengobatan Ratna kurang diperhatikan," ujarnya.

Mansur juga berharap pengobatan Ratna kali ini bisa tuntas. "Standarnya 21 hari, namun bergantung pada proses pengobatan di RSJ. Mudah-mudahan bisa sembuh dan tak kambuh lagi. Dan jangan dipulangkan dulu sebelum sembuh," harapnya.

Dirinya pun mengimbau kepada pihak keluarga agar lebih telaten dalam pengobatan Ratna bilamana Ratna sudah diperbolehkan pulang ke rumah. "Saya juga berterimakasih kepada berbagai pihak yang ikut peduli atas keberadaan Ratna," ucap Mansur Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Wanayasa. (DeR)


«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: