» » » » » Ribuan Pramuka Akan Dilibatkan Awasi Pilkada Purwakarta


PURWAKARTA. Dalam rangka Pemilihan umum Gubernur (Pilgub) dan Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat, serta Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Purwakarta. Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Purwakarta, Senin (11/12), teken MoU dengan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Purwakarta.

MoU tersebut ditandatangani langsung oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Purwakarta Oyang Este Binos S.Fil.I dan Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Purwakarta H Wahyu Wibisono di sela rapat koordinasi pengawasan partisipatif pemilu yang digelar di Balroom Hotel Grand Situ Buleud Purwakarta.

Sekretaris Kwarcab yang akrab dipanggil Wibi mengatakan, pihaknya siap menerjunkan ribuan anggota Pramuka untuk ikut serta melakukan pengawasan Pilkada serentak 2018 di Kabupaten Purwakarta.

"Pengawasan ini akan melibatkan pengurus kwartir ranting yang berjumlah 20-30 di 17 kecamatan se-Purwakarta. Ditambah pembina sebanyak kurang lebih 1.500 orang, serta anggota Penegak dan Pandega setingkat siswa SMA dan mahasiswa, dengan jumlah 8.000 an anggota," kata Wibi kepada awak media. Senin (11/12).

Namun, Wibi juga menegaskan, anggota Pramuka harus netral dan tidak akan terlibat dalam politik. "Pramuka di posisi netral. Kami berkomitmen untuk mendukung dan berpartisipasi aktif guna membantu menciptakan Pilkada di Purwakarta yang jujur serta adil,” ujarnya.

Sambung, Ketua Panwaslu Kabupaten Purwakarta Oyang Este Binos menjelaskan, alasan dipilihnya Pramuka karena dari sisi keorganisasian sangat kuat dan unsur kepengurusannya hingga ke tingkat Kecamatan dan sekolah.

"Untuk tahap awal akan kita samakan persepsi terlebih dahulu. Kita edukasi Pramuka agar mengenal jenis-jenis pelanggaran Pemilu. Misalnya, indikasi pelanggaran yang potensinya paling rawan ada pada tahapan kampanye, yakni money politics termasuk netralitas ASN dan lainnya," jelasnya.

Oyang menambahkan, Logikanya sederhana. Semakin banyak yang melakukan pengawasan maka ruang untuk melakukan pelanggaran semakin kecil. "Mudah-mudahan dengan banyaknya pengawasan bisa mewujudkan cita-cita terpilihnya pemimpin yang ideal dan jujur. Ada pun ke depan, selain dengan anggota Pramuka, kita juga akan menggandeng berbagai Ormas, LSM, dan media massa," pungkas, Oyang. (DeR)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: