» » Tingkatkan Kemampuan Komando Kewilayahan Kodim 0619/Purwakarta Gelar Gelar Apel Danramil dan Babinsa TA.2017


PURWAKARTA. Dalam rangka menghadapi permasalahan di wilayah binaan, Kodim 0619/Purwakarta menggelar Apel Danramil dan Babinsa Tahun Anggaran 2017 dengan tema, "Melalui Kegiatan Apel Danramil dan Babinsa Kita Tingkatkan Kemampuan Aparat Komando Kewilayahan (Kowil)", di Gedung Graha Vidya Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur, Rabu (20/12).

Dandim 0619/Purwakarta Letkol Inf Ari Maulana S.Sos melalui Kasdim Mayor Inf Tito Maulana Harahap mengatakan, sesuai dengan tema, apel kali ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kowil. "Kegiatan ini diikuti seluruh Danramil di se - wilayah Kodim 0619/Purwakarta serta seluruh Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang berjumlah 137 orang," kata Tito di Grha Vidya.

Tito menjelaskan, bahwa pihaknya mengundang beberapa pembicara dalam kegiatan tersebut. "Ada empat pembicara utama, yakni Kapolres Purwakarta AKBP Dedy Tabrani S.I.K M.Si, Perwakilan KPU Purwakarta Ade Nurdin, Kabag Pengendalian Dinas Lingkungan Hidup Taufik, dan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Purwakarta KH John Dien," ujarnya.

Selain keempat pembicara yang hadir pada kegiatan yang berlangsung mulai pukul 07.00 hingga 15.00 tersebut, turut hadir pula sebagai pembicara jajaran perwira staf Kodim 0619/Purwakarta.

Sambung Tito, saat memberikan materi Kapolres Purwakarta AKBP Dedy Tabrani, membahas situasi kamtibmas terkini yang sedang terjadi di masyarakat. "Tadi Pak Kapolres menyebutkan tantangan yang akan dihadapi dalam waktu dekat ini di antaranya ledakan populasi, fenomena urbanisasi yang makin cepat, kebutuhan konsumsi meningkat serta adanya penurunan kualitas lingkungan hidup, dan yang tak kalah penting kesenjangan kesejahteraan. Kesemuanya itu akan berpengaruh terhadap situasi kamtibmas," kata Tito.

Kehadiran Kapolres, kata Tito, menunjukkan sinergitas TNI dan POLRI sampai dengan saat ini masih terjaga dengan baik. "Kapolres juga berharap agar situasi keamanan negara, khususnya Kabupaten Purwakarta bisa tetap terjaga dari segala macam bentuk gangguan baik yang datang dari dalam mau pun luar negeri," ujarnya.

Ada pun perwakilan KPU Purwakarta Ade Nurdin, kata Tito, mensosialisasikan tahapan pelaksanaan pemilu dan berbagai hal yang harus diwaspadai, termasuk yang sering menjadi permasalahan dalam pemilu. "KPU juga meminta dukungan Kodim dalam menyukseskan proses pemilu," kata dia.

Sementara Kabag Pengendalian Dinas Lingkungan Hidup Taufik membahas tentang pelestarian lingkungan, khususnya normalisasi Sungai Citarum. "Sedangkan Ketua FKUB KH John Dien lebih menekankan kepada kerukunan umat beragama," ucapnya. (DeR)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: