» » » Layanan Kesehatan Gratis "Rail Clinic" PT KAI Daop II Bandung Sambangi Warga Sukatani Purwakarta


PURWAKARTA. PT. KAI Persero Daop II Bandung mendatangkan rangkaian kereta Rail Clinic ke Stasiun Sukatani Kabupaten Purwakarta, Rabu (11/4).

Kedatangan kereta yang menyediakan dua gerbong yang disulap menjadi klinik kesehatan tersebut siap melayani warga Sukatani, khususnya yang berada di dekat stasiun, untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Menariknya, dalam rangkaian kereta Rail Clinic itu juga terdapat dua gerbong yang diberi nama Rail Library atau gerbong  perpustakaan yang menyediakan berbagai jenis buku.

Manager Humas PT. KAI Persero Daop II Bandung Joni Martinus mengatakan, Rail Clinic ini merupakan generasi terbaru yang terdiri dari dua kereta (gerbong) kesehatan dan dua gerbong perpustakaan.

"Dalam kereta ini terdapat fasilitas kesehatan yang bisa dikatakan sangat memadai untuk menunjang pemeriksaan kesehatan masyarakat," ujarnya di lokasi pelayanan.

Menurut Joni, pada kegiatan tersebut PT KAI mengundang sekitar 300 warga Kecamatan Sukatani untuk mengikuti pengobatan gratis. Buku-buku juga disediakan di kereta perpustakaan untuk warga yang gemar membaca.

"Selain dalam rangka berpartisipasi memperhatikan kesehatan masyarakat, secara internal pun PT KAI Daop II Bandung secara rutin melakukan sosialisasi dan penyuluhan kesehatan terhadap para pegawainya," katanya.

Sementara itu, Manager Kesehatan PT. KAI Daop II Bandung Cicah Ratisah mengungkapkan, kegiatan ini merupakan program tahunan PT KAI untuk meringankan beban masyarakat, khususnya dalam bidang kesehatan. "Rail Clinik ini kami gelar empat kali dalam satu tahun, di sini menyediakan pengobatan gigi dan kesehatan umum lainnya," ujarnya.

Pengobatan gratis ini, nampak berbeda dengan yang lainnya, pengobatan dilakukan di dalam empat gerbong kereta dengan fasilitas cukup nyaman. "Kita juga bagikan sedikitnya 12 kacamata secara gratis kepada pasien, setelah sebelumnya mereka melakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh pihak medis kami," kata dia.

Tak hanya pengobatan, PT. KAI juga menyediakan perpustakaan kecil komplet dengan ruang baca. "Kita rangkul pelajar untuk menikmati fasilitas yang kami miliki," ujarnya.

Melalui program ini, diharapkan dapat membantu masyarakat dilingkungan PT. KAI. "Ini merupakan Rail Clinic kali pertama ditahun ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Di tempat yang sama, Ibu Enok (67) warga Desa Malang Nengah, Kecamatan Sukatani bersyukur bisa berobat tanpa biaya. "Kalau bisa mah ada sebulan sekali, ema berharap bisa sembuh. Hatur nuhun buat PT KAI," katanya. (DeR)


«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: