» » Safety Driving di Lanud Husein Sastranegara


BANDUNG - Tim Sidikmas Subdit Dikyasa Polda Jawa Barat yang dipimpin Kompol Maria Horet Hera, SH. memberikan sosialisasi Safety Driving kepada anggota TNI AU, khususnya para pengemudi (driver) dinas TNI AU, di Graha Antarariksa Lanud Husein Sastranegara, Jum’at (4/5). Sosialisasi berupa paparan juga praktek cara berkendara yang baik dilangs di Lapangan Apel Staf Komando Lanud Husein Sastranegara. Komandan Lanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb M. Iman Handojo, S.Ikom dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kota Bandung merupakan kota dengan tingkat kepadatan lalu lintas nomor tujuh di indonesia setelah DKI Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Depok dan Surabaya, seraya mengutif dari data dari Polda Jabar menunjukkan bahwa setiap hari rata-rata ada 20 kecelakaan lalu lintas terjadi di Jawa Barat, dengan korban meninggal 5 orang setiap harinya. 

Berdasar pada data tersebut, sepanjang tahun 2017 ini, katanya, sebanyak 2.317 orang meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas.  khususnya dikota Bandung pada tahun 2017 jumlah total kecelakaan lalu lintas terhitung sebanyak 501 kejadian yang mengakibatkan 55 korban meninggal dunia. 

Adapun faktor yang utama dalam kecelakaan lalu lintas adalah minimnya pengetahuan tentang safety driving dalam mengemudi yang mengacu pada standar keselamatan berkendara serta kelaikan kendaraan.

Mengacu pada undang-undang lalu lintas terbaru yakni undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, salah satu bentuk kepedulian akan keselamatan berkendaraan di jalan raya adalah berupaya untuk selalu meningkatkan kesadaran pengendara baik roda dua maupun empat dalam mentaati peraturan berlalu lintas dijalan raya. 

Komandan menekankan hal ini mutlak harus dimengerti dan di pahami oleh setiap personel Lanud Husein Sastranegara, baik militer maupun PNS  serta bagi personel yang menjadi pengemudi dinas TNI Angkatan Udara khususnya dalam melaksanakan tugas membawa pejabat vvip/vip, sehingga terhindar dari kecelakaan pada saat berkendara di jalan raya.   

Komandan berharap melalui sosialisasi ini, seluruh personel TNI Angkatan Udara di wilayah Lanud Husein Sastranegara beserta insub, dapat menyimak dengan seksama penjelasan yang akan disampaikan oleh pemapar mengenai safety driving.

Sejalan dengan Danlanud. Dansatpom Lanud Husein S. Mayor POM I Made Oka, mengatakan tujuan diadakan Safety Driving untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya budaya keamanan dan keselamatan berlalu lintas di jalan raya bagi para pengemudi dinas TNI AU khususnya dalam tugas membawa pejabat VVIP/VIP yang mengacu pada UU RI No 22 Tahun 2009 Pasal 208 tentang  budaya keamanan dan keselamatan lalulintas dan angkutan jalan.

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: