» » » » » Baksos Sahabat Daun Mas Sasar Korban Bencana Gempa Lombok,


BANDUNG - Beberapa waktu lalu pulau Lombok di NusaTenggara Barat diguncang gempa. Musibah tersebut mendorong gerakan kemanusiaan dari berbagai kelompok. Salah satunya "Sahabat Daun Mas" (SDM), komunitas yang berbasis di Kota Bekasi, Jakarta itu,  menurunkan relawan kesehatannya ke wilayah bencana gempa Lombok.

Kelompok SDM dikenal dengan pasukan reaksi cepat ber jumlah banyak. Dinahkodai oleh Cipto yang memiliki jaringan luas. SDM beberapa kali menggelar bakti sosial dengan skala besar. Dalam tiap aksi sosialnya SDM bersinergi dengan TNI.

Kali ini korban bencana dan relawan gempa Lombok menjadi sasaran SDM untuk disehatkan secara fisik dan psikisnya. Baksos pengobatan tradisional SDM Gelombang I - Lombok, bertugas sejak 15 hingga 21 Agustus 2018, Dikomandani Asrul dengan 10 personil tenaga kesehatan yang menangani hingga 175 pasien.

"Kami membantu para relawan dan korban gempa untuk memulihkan atau meningkatkan staminanya" Ujar Cipto selaku Ketua Komunitas Sahabat Daun Mas melalui pesan medsosnya, Selasa (21/8).

Selain memperkenalkan pengobatan tradisional kepada masyarakat SDM juga memberikan pemeriksaan atas keluhan pasien, kebanyakan para korban dan relawan terkena pegal - pegal, batuk, masuk angin, gatal-gatal, sakit kepala, diare dan mual.

"Jenis terapi yang kami berikan berupa ; Akupresur, pijat, akupunktur, self healing dan totok. Dalam kegiatan ini juga kami Bersinergi dengan TNI dan organisasi kemasyarakatan untuk meringankan beban psikis bagi korban gempa" Tutur Cipto.

Semua pasien yang diterapi menyatakan sangat bermanfaat dengan adanya kegiatan pengobatan tradisional ini, khususnya para relawan dan anggota TNI sangat terbantu untuk memulihkan stamina setelah berhari-hari di lapangan. 

Periode berikutnya SDM akan kembali menurunkan Tim 2 pada 21 sd 28 Agustus 2018.

Tentang Sahabat Daun Mas (SDM)

Sahabat Daun Mas (SDM) adalah suatu komunitas para pelaku di bidang kesehatan yang terdiri dari praktisi penyehat tradisional, dokter, apoteker, peneliti, mahasiswa, guru, pengusaha dan tergabung dalam organisasi profesi bidang kesehatan. Anggota komunitas senantiasa bersama-sama, membaur dalam setiap kegiatan sosial yang diselenggarakan SDM.

SDM sendiri memiliki Visi, Mengharmoniskan pelayanan kesehatan yang ada di Indonesia menjadi satu kesatuan yang terintegrasi dalam rangka menyehatkan masyarakat.

Sedangkan terdapat 9 Misi SDM, sebagai agenda wajib ;

1. Menjadi wadah para pejuang kesehatan untuk mendarmabaktikan keilmuannya bagi masyarakat.

2. Membawa missi kesehatan di setiap kegiatan bakti sosial.

3. Mempersatukan semua organisasi bidang kesehatan dalam kegiatan sosial bakti masyarakat.

4. Memperkenalkan kepada masyarakat tentang pelayanan kesehatan tradisional.

5. Memperkenalkan kepada masyarakat tentang harmonisasi pelayanan kesehatan konvensional dan tradisional.

6. Memperkenalkan jamu sebagai obat tradisional yg bisa berdampingan dengan obat medis

7. Meningkatkan keilmuan Sahabat Daun Mas melalui pelatihan-pelatihan.

8. Menjaga solidaritas dan kerukunan antar anggota organisasi profesi bidang kesehatan demi mencapai Indonesia sehat.

9. Bekerja sama dengan pemerintah dan pihak lainnya untuk menciptakan Indonesia sehat.

Organisasi profesi yang tergabung dalam komunitas Sahabat Daun Mas diantaranya PARICARA USADA,  P-AP3I, KINESIO TERAPI INDONESIA, BSM, REDTHIPNA, ZAMATERA, P-ASPETRI, HUSADA ORIENTAL, P3AI-PERPARI, MASTAKARAGA, BSM, RELAWAN THIBBUNNABAWI, KOMUNITAS THIBBUNNABAWI dan tak menutup kemungkinan organisasi profesi bidang lainnya untuk bergabung.

Dalam misi sosial SDM juga didukung pasokan Obat dari beberapa perusahaan obat tradisional diantaranya ;

1. PT. Herbal Salam
2. PT. Toga Nusantara
3. PT. Daun Mas Media Husada
4. PT. Mahkota Dewa Indonesia
5. CV. Vermindo Internasional
6. CV. Bintang Terang Lestari
7. CV. Elanazma Prima
8. Dan perusahaan lain yang bersedia membantu kegiatan SDM.(Pet)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: