» » » Bimbingan Teknis Inlis Lite Versi 3.1 dan Penilaian Arsip Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua


JAYAPURA-  Bimbingan Teknis Inlis Lite Versi 3.1 dan Penilaian Arsip Bagi Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua dalam pembangunaan ke depan akan mengerjakan tugas-tugas Dinas akan di sesuaikan dengan Visi Misi Gubernur dan 7 Pilar Pembangunan Gubernur Papua.

Drs. Hans Y Hamadi M.si selaku Kepala Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Papua mengatakan,

"Ada 7 PILAR yang akan di lakukan Gubernur/Wakil Gubernur Provinsi papua untuk periode 2018-2023. 6 Pilar menjadi tanggung jawab perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua" katanya.

Untuk itu Dinas akan seiring dengan Visi Misi Gubernur dan 7 Pilar Pembangungan Gubernur. Sehingga minat baca dan menata Arsip baik SKPD yang ada di Provinsi maupun pada Kabupaten Kota termasuk SMA dan SMK yang menjadi tanggung jawab Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua.

"Sesuai undang-undang nomor 23 Tahun 2015 tentang Pemerintahan itu SMA, SMK itu telah di limpahkan kepada Dinas Perpustakan dan Arsip Daerah Provinsi Papua dan menjadi tanggung jwab untuk melakukan pembinaan, membina pengelola perpustakan untuk nantinya mengola baik" Harapnya.

Dengan membaca masyarakat akan lebih siap lebih tahu karena pada saat kita membaca informasi, ilmu yang kita miliki akan menolong kita sendiri, sehingga waspada terhadap segala hal, membaca juga merupakan salah satu penentu dalam IPM manusia.

"Keberhasilan belajar itu pun di tentukan oleh membaca, orang bisa membaca dengan baik pasti hasil belajarnya pun pasti baik jadi tugas kami Dinas Pendidikan itu menyediakan buku-buku pelajaran setiap mengajar tetapi belajar itu adalah melengkapi fiksi non fiksi untuk anak-anak membaca sehingga mereka punya salah berpikir ilmu pengetahuan itu makin bertambah" Tegasnya.

Yans Hamadi juga menjelaskan seputar programnya. "Mengenai Pendidikan Budi pekerti yang mana sekolah mewajibkan anak-anak membaca 15 menit setiap pagi adalah tugas Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Bahkan Dinas Perpustakaan rencananya akan menyediakan buku bacaan bagi Sekolah-Sekolah Dasar untuk anak sekolah tingkat SD dan SMP yang menjadi tanggung jawab Kabupaten-Kota dan siswa/i tingkat SMA dan SMK menjadi tanggung jawab Provinsi" Jelas Hans.

"Situasi kita hari ini perpustakaan dengan pembenaan beberapa waktu yang lalu kita menyediakan bahan bacaan yang baru, rata-rata hari ini hampir setiap minggu bahkan seminggu dua kali itu datang anak-anak seminggu datang dua kali mengunjungi Perpustakan dan Arsip provinsi Papua yang berada di Kota Raja Jayapura, bahkan mahasiswa setiap hari mereka datang, hari-hari mereka datang mencari referensi ke sini" Terang Kadis Perpustakaan Dan Arsip Daerah Papua.

Rencana ke depan DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PAPUA akan meningkatan kegiatan minat baca dengan menggunakan Sekolah mengambil anak-anak dari sekolah, TK dan akan mengajarkan pengenalan lingkungan dengan mengubah main set mereka, misalnya berbicara banjir di kota Jayapura maka akan di tumbuhkan kesadaran bahwa sampah baiknya di buang pada tempatnya jika tidak akan menyebabkan banjir. Juga akan menyediakan bacaan di internet, untuk mempermudahkan anak-anak mencari bacaan yang di cari dan jika ingin membaca, maka bisa langsung ke Perpustakaan dan Arsip yang tersedia, katanya.

Dengan bimtek akan mempersiapkan diri dari petugas Perpustakanaan dan Arsip Daerah menghadapi situasi ke depan apakah Perpustakan akan merjer dengan SKPD yang lain atau tidak minimal pertugas sudah mendapatkan bimtek sehingga nanti mereka pindah ke SKPD lain, mereka telah siap bekerja, dengan pelatihan ini, petugas siap menghadapi perkerjaan itu sendiri.   

Drs. HANS .Y HAMADI mengutrakan, bimbingan teknis inlis lite versi 3.1 dan penilaian arsip bagi sumber daya manusia (SDM) di lingkungan dinas perpustakan dan arsip dearah provinsi papua di laksanakan di aula kantor dinas perpustakan dan arsip daerah kota jayapura, meningkatkan kualitas  dan kinerja sumber daya manusia perpustakaan guna mengoptimalkan pelayanan dan penelusuran  koleksi perpustakaan  yang prima melaui aplikasi inlis lite versi 3.1., tuturnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas  dan kinerja sumber daya manusia  dalam penilaian arsip yang berfungsi menetapkan menjaga arip daerah, Bimbingan teknis ini di ikuti  oleh  sumber daya manusia di dinas perpustakaan dan arsip daerah provinsi papua berjulah 152 orang termasuk tenagga honorer.

Dia menerangkan Waktu dan tempat  kegiatan ini dilaksanakan 5 hari mulai  dari tanggal 29 oktober sampai dengan  tanggal 02 november 2018, tempat pertemuan di ruang rapat dinas perpustakaan dan arsip daerah provinsi papua, dengan narasumber yang terdiri dari dua orang, yang pertama dari perpustakaan nasional republik indonesia dan yang ke dua dari arsip nasional republik indonesia ujarnya.

Sehingga untuk seluruh biaya yang di perlukan dalam kegiatan ini di bebankan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah, melalui dokumen pelaksanaan anggaran organisasi perangkat daerah/ dinas perpustakaan dan arsip daerah provinsi papua, tahun 2018, terangnya.(Trp) 

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: