» » » » SMK YPK Purwakarta Kolaborasikan Musik Modern dan Tradisional di Panggung Wayang Golek


PURWAKARTA - Mendekatkan seni budaya sunda dengan kaum milenial, Sekolah Menengah Kejuruan Yayasan Pendidikan Kejuruan (SMK YPK) Purwakarta, melakukan terobosan baru dengan mengkolaborasikan musik tradisional dengan musik modern untuk pagelaran wayang golek.

SMK YPK yang sebagian besar muridnya laki-laki, memberi ruang kepada siswanya untuk melestarikan seni budaya wayang golek.Unik nya Wayang Golek Kontenporer yang diberi nama Gondewa 77, musik yang mengiringi cerita pewayangan mengkolaborasikan musik tradisional dan musik modern dengan ditunjang lagu kekinian.

Dalang andalan SMK YPK, Reza Firmansyah kelas XII jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) mengatakan, bermula dari hobi sejak kecil didunia pewayangan, dia mencoba secara otodidak menjadi dalang. Cerita yang diusung adalah cerita ringan bobodoran dengan diselipkan pesan-pesan untuk para remaja agar berperilaku positif.

"Suka wayang sejak umur 4 tahun, lalu belajar secara otodidak.Ketika sekokah disini saya melihat ada alat musik tradisional maupun modern, akhirnya dikolaborasikan saja," kata Reza, disela-sela latihan di YPK, Jumat (8/2/2019).

Reza dan teman-teman tim wayang kolaborasi SMK YPK berlatih setiap satu minggu satu kali, setelah jam pelajaran usai. Kepiawaian Reza dan tim sudah tidak diragukan lagi, terbukti beberapakali mereka tampil untuk berbagai acara, baik di Purwakarta maupun diluar Purwakarta.

"Senang sekali hobi saya bisa disalurkan disini, Allhamdulilah sekolah sangat mendukung, bahkan kegiatan ini sebagai eskul," kata Reza.

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala SMK YPK Purwakarta Zaenurijal mengaku bangga dengan anak-anak YPK yang sudah mencintai budaya sunda.Baginya kemajuan anak didiknya untuk melestarikan budaya sunda adalah hal yang harus didorong oleh sekolah.

"Kami memberi fasilitas untuk anak-anak bisa berlatih dengan benar, semoga ini bisa menjadi bekal untuk masa depan siswa,"  kata Zaenurijal.

Zaenurijal menambahkan ide mengkolaborasi antara musik tradisional dan modern untuk menarik minat siswa mencintai seni dengan ide-ide barunya. "Siswa akan semakin kreatif dengan fasilitas yang disediakan pihak sekolah," pungkasnya. (DeR)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: