» » » Pelaksanaan Kehutanan dan Perhutanan Sosial Di Papua


JAYAPURA - Public Hearing anggota DPR Papua mendengar pendapat menanti NSPK Perdasus Papua nomor 21 Tahun 2018 atau mendorong Perdasi baru tentang Pelaksanan Kehutanan dan Perhutanan Sosial di Papua dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia  dengan Masyarakat Hutan Adat Papua (MHAP) berlangsung di ruang rapat Yayasan P3W-GKI Padang Bulang, selasa, 13/03/ 19 Jayapura  Papua.

Diskusi Public Hearing anggota DPR Papua,  Masyarakat Hutan Adat Papua (MHAP) dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia ini mendengar langsung tentang Pelaksanan Kehutanan dan Perhutanan Sosial di Papua.

Izin usaha pemanfaatan hasil hutan kayu khususnya di Provinsi Papua ada aturannya, peraturan lingkungan hidup dan kehutanan yang memberikan izin hasil usaha kayu berdasar permen nomor 82 tentang tata cara permohonan izin hasil hutan kayu alam,  hutan tanaman dan restorasi eko sistim itu tata caranya.

Dengan meihat kondisi di papua maka untuk segala urusan perizinan usahanya menjadi kewenangan Gubernur papua, kata Benny Soedirman Fitriantono.

Benny Soedirman dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia mengatakan, Masyarakat Hutan Adat Papua (MHAP) masyarakat hutan itu di atur dalam undang undang nomor 41 tahun 1999 tentang kehutanan, hususnya pasal 67 dan menjadi kewenangan masyarakat adat dan bukan kewenangan kementerian lingkungan hidup dan kehutanan republik indonesia.

Menurutnya, NSPK yang disiapkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia yakni, NSPK Hutan Adat dan Wilayah Produksinya di Hutan Adat.
Sementara itu, John NR.

Gobay anggota DPRP Papua  mendengar diskusi mengemukan bahwa diskusi dilakukan agar cantolannya bisa mendorong terbentuknya regulasi baru pengelolaan kehutanan di papua sesuai dengan kewenangan di berikan oleh undang undang nomor. 23 tahun 2014  dan permen lhk agar masyarakat papua bisa mendapat ruang kelola hutannya.(Trp)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: