» » » » » Wahana Planetarium di Purwakarta Resmi Dibuka


PURWAKARTA. Green Valley Fun Park kembali memiliki wahana edukasi tentang luar angkasa, yaitu, Planetarium. Tak tanggung- tanggung, kawasan wisata milik Yayasan Eka Paksi yang berlokasi di Jl. Ipik Gandamanah No. 41 Purwakarta ini, menginvestasikan dana senilai Rp1 miliar untuk pembangunan Planetarium itu.

Pengelola Green Valley, PT Kriya Indomakmur menggelar syukuran sekaligus santunan kepada anak yatim atas diresmikannya wahana Planetarium tersebut. Sedikitnya 30 anak dari Yayasan Payatiman hadir dalam kegiatan tersebut.

"Alhamdulillah, kini Purwakarta memiliki Planetarium pertama di Jawa Barat atau yang keempat di Indonesia. Ini sebagai komitmen kami yang hadir tak hanya menghibur tapi juga mengedukasi," kata Direktur PT Kriya Indomakmur Arry Buchori Darmansyah Selasa (26/3/2019).

Dijelaskannya, dalam pembangunan Planetarium ini pihaknya bekerjasama dengan Sky World Taman Mini Indonesia Indah (TMII). "Sky World ini memiliki pengalaman dalam membangun dan mengelola Planetarium. Standar yang diterapkan pun mengacu pada Planetarium yang ada di TMII," ujarnya.

Keberadaan Planetarium ini, sambungnya, dapat dijadikan wahana belajar tentang tata surya atau ilmu astronomi mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, juga masyarakat umum. "Jadi tak perlu lagi jauh-jauh ke TMII Jakarta atau Taman Pintar Jogjakarta, cukup ke Green Valley Purwakarta saja," kata Arry.

Disinggung terkait besarnya investasi, Arry menegaskan, saat membangun Planetarium harus sesuai standar yang diterapkan. "Kami memiliki proyektor khusus seharga Rp300 juta. Sistem digital langsung diimpor dari Amerika," katanya.

Mengapa harus Amerika, karena di sana ada National Aeronautics and Space Administration atau NASA, yakni Badan Penerbangan dan Antariksa. "Informasi yang ditampilkan di Planetarium ini pun real-time. Sesuai kondisi saat ini juga," katanya.

Lebih lanjut Arry menyebutkan, dalam satu sesi, Planetarium Green Valley park mampu menampung 50 pengunjung dengan durasi 30 menit. "Kami batasi dalam sehari maksimalnya 6 sesi atau 300 pengunjung. Ini untuk menjaga performa mesin digital yang kami miliki," ujarnya.

Kehadiran Planetarium ini melengkapi berbagai wahana yang telah lebih dulu ada. Di antaranya Bioskop 5 Dimensi, Sepeda Udara, Kora-kora, hingga Agro Sayur Hidroponik. Untuk memasuki wahana Planetarium pengunjung dikenai biaya hanya Rp20 ribu saja. (DeR)


«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: