» » » Jessica Jadi Tersangka Kasus Kematian Mirna

Jakarta — Penyidik Polda Metro Jaya menetapkan Jessica Kumala Wongso sebagai tersangka kasus kematian Wayan Mirna Salihin (27). Setelah penetapan pada Jumat (29/1/16) malam sekitar pukul 23.00 wib, Jessica langsung ditangkap di Hotel Neo di kawasan Mangga Dua, Jakarta Utara pada Sabtu (30/1) pagi sekitar pukul 07.00 wib.

Kepala Polda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian mengatakan, bahwa penangkapan dilakukan karena alat bukti yang dihimpun tim penyidik sudah cukup untuk menetapkan Jessica sebagai tersangka.

Tito tak merinci data alat bukti yang dikantongi polisi untuk menetapkan Jessica sebagai tersangka. Namun menurut Tito, alat bukti yang dikantongi polisi tersebut sudah memenuhi aturan KUHAP.
Penangkapan dilakukan oleh penyidik Jatanras yang dipimpin oleh Kanit 4 Subdit Jatanras Kompol Tahan Marpaung. Penangkapan dilakukan setelah pada malam sebelumnya penyidik melakukan gelar perkara terkait kasus kematian Wayan Mirna Salihin

Seperti diketahui, Mirna tewas usai meminum kopi yang telah dibubuhi sianida. Saat itu, pada Rabu (6/1), dia sedang bercengkerama dengan dua sahabatnya, Jessica dan Hani, di Restoran Olivier, Grand Indonesia Shopping Town. Namun baru menyesap sekali kopi vietnam, Mirna merintih kesakitan, kejang, kolaps, dan akhirnya meninggal dunia.

Jessica merupakan teman kuliah Mirna selama menempuh pendidikan di Billy Blue College of Design, Sydney, Australia. Jessica menetap di negeri kangguru sejak 2008, namun pada 5 Desember 2015, dia pulang ke Jakarta. Keduanya bertemu kembali pada 12 Desember 2015, saat itu Mirna didampingi oleh suaminya, Arief Sumarko.

Saat Mirna meregang nyawa, Jessica dan Hanny yang juga ada di lokasi kejadian tewasnya Mirna, menjadi saksi peristiwa nahas itu. Jessica dan Hanny pun menjalani sejumlah pemeriksaan di Polda Metro Jaya atas kejadian tersebut. Polisi dari awal sudah menduga Jessica ada di balik tewasnya Mirna.

Diketahui, saat pemeriksaan, saksi yang diperiksa untuk kasus kematian Mirna akibat minum kopi khas Vietnam bercampur racun sianida di Olivier Cafe, bukan hanya Jessica. Di antaranya ada Hanny, rekan Mirna yang juga turut ngopi bersama di kafe tersebut.

Selain itu, ayah Mirna, Darmawan Salihin, kemudian pembantu rumah tangga Jessica, lalu suami Mirna, Arief Soemarko, serta kembaran Mirna. Jessica sendiri sejak awal kasus ini mencuat menjadi pihak yang paling disudutkan lantaran sebagai pihak yang memesan minuman untuk Mirna dan tiba lebih dulu di kafe tersebut.

Sebelum ditetapkan sebagai tersangka, Jessica terlebih dahulu dicekal ke luar negeri. Surat pencegahan tersebut menindaklanjuti permintaan Polri melalui surat No.R/541/I/2016/DATRO tanggal 26 Januari 2016. Sebelum itu pengacara Jessica, Andi Joesoef memang sudah menyatakan bahwa paspor kliennya itu ditahan oleh penyidik sejak pemeriksaan kedua.(dbs)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: