» » Benarkah Pancasila Lahirnya 1 JUNI 1945 Dan Pancasila Yang Mana Yang Lahir 1 JUNI 1945 ? Memahami Fakta Sejarah Dalam Spirit kebangsaan Dan Nasionalisme Indonesia

Oleh : Eko Ismadi

Tanggal 1 juni 1945 oleh Negara indonesia diakui sebagai Hari Lahirnya Pancasila. Dan kemudian dilakukan kegiatan peringatan oleh bangsa indonesia di tanggal 1 Juni dalam setiap tahunnya. satu memperingati sebagai HARI LAHIRNYA PANCASILA.

Setelah beberapa kali saya membuka dokumen sejarah dan membaca catatan serta ulasan para saksi sejarah dan ahli sejarah tidak ada yang menyebutkan bahwa Pancasila adalah ciptaan Soekarno yang diciptakan atau disusun pada tanggal 1 Juni 1945. Oleh karena itu saya mencoba menyampaikan fakta sejarah tentang Pancasila dalam kehidupan kebangsaan dan Nasionalisme Indonesia.

Maka dari itu kita batasi dalam tulisan ini dengan kata kunci:
1. PENGERTIAN KONSEP PANCASILA DAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA.
2. BENARKAH PANCASILA LAHIRNYA 1 JUNI 1945 ?
3. PANCASILA YANG MANA YANG LAHIR 1 JUNI 1945 ?
4. PANCASILA YANG MANA CIPTAAN SOEKARNO ?
5. APAKAH PANCASILA SEBAGAI DASAR IDIOLOGI NEGARA SEKARANG INI CIPTAAN SOEKARANO ?
6. APAKAH HUBUNGAN PANCASILA DENGAN SOEKARNO ?

Tujuan tulisan ini untuk membuka cakrawala pandang kita sebagai bangsa Indonesia agar paham tentang Pancasila dan latar belakang sejarahnya, sehingga dapat memperlakukan, menghormati, dan menghargai sejarah dengan benara sesuai fakta sejarah tanpa harus mengeliminir yang ada dan mengadakan yang tidak ada.

Untuk bagi pembaca saya mohon jangan berpikir negatif kepada saya dengan tulisan ini tetapi dapat melihat sisi baiknya bagi pemahaman sejarah masa depan bangsa indonesia akan selalu dihiasi oleh pemahaman sejarah yang dibatasi oleh kepentingan nasional Indonesia, Tujuan nasional indonesia, Dan tegak kokohnya NKRI, yang berdasarkan Pancasila dan undang undang dasar 1945.

PENGERTIAN

a. Konsep Pancasila Dalam penyusunan sebagai Dasar Negara. Yang dimaksud dengan Konsep Pancasila dalam penyusunan  Pancasila sebagai konsep dasar negara adalah sebuah konsep yang kemudian dijadikan pokok bahasan dan pemikiran dasar bagi tersusun dan disetujuinya Pancasila Sebagai dasar negara yang diresmikan pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh PPKI. Oleh kelompok yang disebut pada masa itu sebagai pemimpin dan wakil wakil bangsa indonesia yaitu Mr. Moh. Yamin, Prof.Dr. Soepomo, Dan Ir. Soekarno. (Sejarah terperinci dapat dibaca dalam buku sejarah lahirnya Pancasila-Perpustakaan Nasional)

b. Konsep Pancasila sebagai Dasar Negara.
1) Konsep Anggota BPUPKI. Dari pemaparan ketiga tokoh diatas yang dianggap ideal sesuai dengan harapan tentang konsep dasar negara adalah Mr. Moh. Yamin Dan Ir. Soekarno sedangkan konsep yang dipaparkan oleh Prof.Dr. Soepomo masih belum memenuhi pemahaman ideal karena lebih menjelaskan tentang teori bernegara tidak merujuk pada pengertian dan penjelasan sebuah dasar negara, yang sebagaiman kemudian kita kenal sekarang ini.

2) Konsep panitia 9. Panitia 9 adalah anggota BPUPKI yang melaksanakan rapat penyusunan konsep pancasila, yang didalam kesempatan lain menyusun Konsep Pancasila Sebagai Dasar negara yang kita kenal dengan Piagam Djakarta atau Djakarta Charter. Dari konsep Piagam jakarta inilah sebagian besar dijadikan Sila Sila Dan Plam Pancasila seperti sekarang ini. Hanya sila pertama yang mengalami perubahan (silahkan Baca Buku Sejarah lahirnya Pancasila-Perpustakaan Nasional)  

c. Pancasila Sebagai Idiologi Dan Falsafah hidup bangsa indonesia.   Pancasila yang dijadikan dasar negara republik indonesia yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustu 1945 yang diproklamasikan oleh Soekarno Hatta. Pada tanggal 18 Agustus 1945 meresmikan dasar negara yang disebut dengan PANCASILA yang berarti Panca = lima Dan Sila = dasar. Yang selanjutnya dikenal dengan idiologi Negara republik Indonesia dan sebagai Falsafah hidup bangsa Indonesia.

PANCASILA YANG MANA YANG LAHIR 1 JUNI 1945 ?

Pada tanggal 1 Juni 1945, bangsa indonesia di wakili oleh BPUPKI sebuah organasasi yang dijinkan oleh Pemerintah Jepang untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.  Salah satu langkah yang dilakukan BPUPKI adalah menyusun konsep dasar negara indonesia.
Pada masa itu belum dikenal yang namanya dasar negara Pancasila, tetap yang dikenal adalah konsep dasar negara. Pada tanggal 1 juni 1945 belum ada negara dan apa lagi dasar negara. Karena Indonesia diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, bagaimana mungkin Pancasila lahir 1 Juni 1945 ? Pancasila yang mana yang dimaksud ? Kalau memang ada berarti bukan konsep Pancasila yang sekarang kita miliki yang diresmikan pada tanggal 18 Agus 1945. Berarti Bangsa Indonesia mengakui Pancasila yang mana ?  

PANCASILA YANG MANA CIPTAAN SOEKARNO ?

Ada dua kegiatan dalam rapat anggota BPUPKI yaitu pertama menunjuk perwakilan yang menyusun konsep dasar negara, antara lain disetujui Mr. Moh. Yamin, Prof. Dr. Soepomo, dam Ir. Soekarno. Sedang yang kedua penyampaian atau pemaparan konsep dasar negara dan memutuskan mana yang akan dipilih.

Namun perlu kita ketahui Konsep Pancasila  yang ditulis soekarno pada masa itu adalah :

1. Nasionalisme (Kebangsaan Indonesia)
2. Internasionalisme (Perikemanusiaan)
3. Mufakat atau Demokrasi
4. Kesejahteraan Sosial
5. Ketuhanan yang Berkebudayaan

Selanjutnya Soekarno juga menyampaikan pendapat sebagai pendukung dan penegasan konsepnya dimana Soekarno menyebutkan bahwa dari kelima hal ini oleh Bung Karno diberi nama PANCASILA, lebih lanjut Bung Karno mengemukakan bahwa kelima sila tersebut dapat diperas menjadi Trisila, yaitu:

Sosio nasionalisme
Sosio demokrasi
Ketuhanan.

Soekarno masih memberikan kesimpulan lanjutan sebagai upaya untuk meyakinkan peserta dan anggota sidang dengan menyatakan bahwa konsepnya masih bisa disederhanakan yaitu

Menjadi Ekasila yaitu GOTONG ROYONG.

APAKAH PANCASILA SEBAGAI DASAR IDIOLOGI NEGARA SEKARANG INI CIPTAAN SOEKARNO ?  

Konsep Awal. Setelah penyampaian konsep dasar negara dari ketiga tokoh yang berbedas sumber yaitu Mr Yamin sebagai tokoh agama islam, Prof. Dr. Soepomo sebagai akademisi, dan Ir. Soekarno sebagai politikus. Kemudian peserta rapat memilih dan menilai konsep yang telah disampaikan dan dipandang sangat relevan bagi sebuah dasar negara.

Konsep Mr.Moh. Yamin diterima dan dipertimbangkan, sedangkan untuk konsep Prof.Dr.Soepomo dinilai tidak relevan karena hanya bersifat teori bernegara bukan sebuah konsep dasar negara, sedangkan konsep dari Ir.Soekarno bisa disempurnakan tetapi masi ada bagian yang harus dirubah.  

PIAGAM JAKARTA

Namun diluar agenda sidang para tokoh yang menjadi anggota BPUPKI sejumlah 9 orang secara pribadi bersepakat untuk menyusun konsep dasar negara. Selanjutnya konsep tersebut disampaikan dalam rapat pada 22 Juni 1945 yang kemudian dikenal dengan sebutan ”Piagam Jakarta atau Jakarta Charter”

Piagam ini bertujuan untuk menengahi dari bebrapa kelompok kepentingan dalam kebangsaan Indonesia atau dengan istilah antara pihak Islam dan pihak kebangsaan dalam Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

1. Ketoehanan, dengan kewajiban mendjalankan sjariat Islam bagi pemeloek-pemeloeknja
2. Kemanoesiaan jang adil dan beradab
3. Persatoean Indonesia
4. Kerakjatan jang dipimpin oleh hikmat, kebidjaksanaan dalam permoesjawaratan/perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seloeroeh Rakjat Indonesia.
PANCASILA YANG SEKARANG INI
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang Adil Dan Beradab
3. Persatuan indonesia
4. Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam permusyarawatan perwakilan
5. Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia.

APAKAH HUBUNGAN PANCASILA DENGAN SOEKARNO ? 

Memang kita tidak memungkiri atau mengingkari akan jasa Soekarno terhadap penyusunan konsep Dasar Negara Republik Indonesia pada tanggal 1 juni 1945. Dari ketiga beliau yang memaparkan hanya Presiden Soekarno menggunakan istilah Pancasila.

Istilah Pancasila. Istilah Pancasila disampaikan Soekarno ketika menyampaikan Konsep usulan dasar negara Indonesia, ”DASAR NEGARA TELAH SAYA USULKAN LIMA BILANGANNYA! NAMANYA PANCADHARMA TIDAK TEPAT DISINI DHARMA BERARTI KEWAJIBAN SEDANGKAN KITA MEMBICARAKAN DASAR. JARI KITA LIMA SETANGAN, RUKUN ISLAM ADA LIMA, INDRA MANUSIA ADA LIMA.”

Dan inilah pengakuan Soekarno yang tercantum dalam dokumen sejarah yang terdapat dalam arsip nasional,”BERDASARKAN SARAN SEORANG TEMAN SAYA SEORANG AHLI Jsiapa identitas teman Soekarno tersebut.

BENARKAH PANCASILA LAHIRNYA 1 JUNI 1945 ?

Setelah kita mencermati ulasan diatas maka kita akan paham tentang lahirnya Pancasila Dan Prosesnya sehingga kita akan paham posisi Soekarno dan peranan Soekarno dalam penyususan dan penetapa pancasila sebagai Idiologi Negakara kesatuan republik Indonesia.

Pancasila yang menjadi dasar Negara Republik Indonesia sekarang ini adalah bukan ciptaan Soekarno tetapi hasil kesepakatan bangsa Indonesia yang terwakili dalam kelompok kemasyarakatan Indonesia yang mencerminkan kelompok agama berdasarkan Masyoritas dan Pribumi sebagai bagian langsung dari bangsa indonesia.

Pertanyaan kita Pancasila yang mana yang lahir 1945 ? Apakah Pemerintah sekarang menggunakan Pancasila yang disusun dan dikonsep Soekarno Pada Tanggal 1 Juni 1945 terus bagaimana dengan sikap kita terhadap Pancasila sila yang sekarang ini kita hargai dan kita taati yang diresmikan pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh PPKI SALAM KEBANGSAAN INDONESIA !!!
SALAM NASIONALISME INDONESIA !!!

Penulis Adalah Ahli Sejarah 

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: