-->

Iklan

Gaya Hidup

Komsos Dandim Purwakarta Buka Puasa Bersama Komponen Masyarakat Bahas Proxy War

Jumat, 16 Juni 2017, 22:40 WIB Last Updated 2017-06-16T17:42:03Z

PURWAKARTA. Kodim 0619/Purwakarta mempererat kerjasama dengan Satuan Tugas (Satgas) Toleransi dan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Purwakarta, melalui giat Komunikasi Sosial yang dikemas dalam kegiatan buka puasa bersama di Aula Kebhinekaan Makodim Purwakarta.

Kerjasama tersebut salah satunya untuk mengantisipasi adanya berita-berita massif dan terorganisir terkait isu perpecahan. Ini merupakan langkah efektif untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan timbulnya perpecahan di antara warga, khususnya di Kabupaten Purwakarta, ujar Dandim 0619/Purwakarta Letkol Inf Ari Maulana S.Sos.

Kerjasama ini, sambung Dandim, juga terwujud di bidang lainnya seperti sosialisasi tentang wawasan kebangsaan. Intinya, bagaimana kita mampu nengimbangi tentang berita-berita yang cukup massif, terutama tentang isu perpecahan dan sebagainya, yang harus segera diantisipasi. Ini juga berakitan dengan Proxy War, kata Dandim.

Dirinya berharap, jalinan kerjasama ini dapat lebih memperkuat koordinasi, sehingga tercipta sinergitas antarkomponen bangsa. Sehingga bisa saling bersinergi dalam upaya mengantisipasi timbulnya hal-hal yang tidak diharapkan, ucapnya.

Sementara itu, Ketua Satgas Toleransi dan FKUB Drs HM John Dien MM.Pd mengatakan, kerjasama ini boleh jadi yang pertama di Indonesia. Satgas Toleransi dan FKUB di kota/kabupaten lain belum ada yang didefinitifkan. Sampai-sampai saya sering diminta memberikan pendidikan dasar terkait satgas toleransi ini, ujarnya.

John Dien yang juga tercatat sebagai Ketua MUI Purwakarta ini menyebutkan, banyak pertanyaan dari daerah lain, bagaimana bisa di Purwakarta sebagai kabupaten yang dikenal paling toleran tapi paling dulu membentuk satgas toleransi. Ini menjadi awal yang baik, dan kerjasama ini semoga bisa semakin solid dan berkesinambungan, ucapnya.(Deni Ramdani)
Komentar

Tampilkan

Terkini