-->

Iklan

Gaya Hidup

MOU Antara SESKO TNI Dengan Perpustakaan Nasional RI

Selasa, 20 Juni 2017, 08:21 WIB Last Updated 2017-06-20T01:21:25Z

BANDUNG - Komandan Sesko TNI Letnan Jenderal TNI (Mar) R.M Trusono, S.Mn., dengan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) Drs. Muhammad Syarif Bando, M.M., melaksanakan penandatanganan Kesepahaman Bersama (MoU) tentang Kerjasama Bidang Perpustakaan di Ruang Kelas Besar Gedung Grha Adibrata Sesko TNI, Bandung, Senin (19/6). Acara penandatanganan ini disaksikan oleh para pejabat Sesko TNI, para pejabat Perpustakaan Nasional, dan Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) XLIV Sesko TNI.

Komandan Sesko TNI Letnan Jenderal TNI (Mar) R.M Trusono, S.Mn., dalam acara tersebut mengatakan Pasis yang mengikuti Dikreg XLIV Sesko TNI berjumlah 144 orang, terdiri dari 60 orang dari Angkatan Darat, 39 orang dari Angkatan Laut, 35 orang dari Angkatan Udara, 5 orang dari Perwira Polri dan 5 orang  dari Negara Sahabat. Sesuai dengan perkembangan global, ancaman bangsa kita bukan dari aspek militer tetapi dari semua aspek.  

Melalui Perpustakaan Nasional dapat kita akses untuk dapat informasi dalam melaksanakan tugas-tugas ke depan di bidang pertahanan.Dengan dilaksanakan penandatanganan ini, diharapkan dapat berjalan terus menerus.

Ruang lingkup penandatanganan Kesepahaman Bersama ini meliputi enam point yaitu pengembangan sumberdaya manusia bidang perpustakaan, sistem perpustakaan, pengorganisasian koleksi perpustakaan, pertukaran data katalog induk perpustakaan, pemanfaatan bersama sumber informasi dan koleksi perpustakaan, serta penghimpunan dan pelestarian karya cetak dan karya rekam (KCKR) dalam bidang pendidikan Sesko TNI. Karya-karya yang ada di Sesko TNI yang bila diakses masyarakat keluar hendaknya memperhatikan faktor kerahasiaan. Komandan berharap kerja sama ini dari masing-masing juga berkembang dan mengambil manfaat.

Kepala Perpustakaan Nasional RI Drs. Muhammad Syarif Bando, M.M.,
memberikan apresiasi tinggi kepada Sesko TNI yang berkeinginan besar untuk membina dan mengembangkan perpustakaan di lingkungan Sesko TNI secara struktur kelembagaan, SDM, maupun sarana dan prasarana khususnya dalam bidang Teknologi Informasi.

Dukungan secara administrasi maupun teknis dari kedua belah pihak yaitu Sesko TNI dan PNRI diyakini dapat memperlancar implementasi MoU ini, sehingga dapat mempercepat pengembangan perpustakaan sebagai tempat pembelajaran sepanjang hayat. Perlu diinformasikan bahwa Perpustakaan Nasional mempunyai program Indonesia One Search, dimana hampir 650 perpustakaan di Indonesia dari berbagai jenis khususnya dan Perguruan Tinggi telah bergabung.

Sebagai implementasi dari MoU ini, kami tentunya berharap agar Sesko TNI dapat juga segera bergabung. Indonesia One Search adalah sebuah inisiatif dari Perpustakaan Nasional dalam rangka membangun repositori ilmu pengetahuan lingkup nasional.  

Program ini dilandasi pada kondisi dan kenyataan bahwa saat ini perpustakaan menghadapi tantangan yang jauh lebih besar ketimbang era-era sebelumnya.  

Seleksi alam masa kini bagi perpustakaan dipicu oleh revolusi teknologi komputer dan jaringan sebagai infrastruktur lingkungan digital. Perubahan lingkungan digital ini pun mengubah perilaku masyarakat dalam mengakses informasi.  

Banyak anggota masyarakat khususnya kalangan sivitas akademika, kini seolah enggan datang ke perpustakaan karena merasa kebutuhan informasi mereka telah dapat terpenuhi hanya dengan menggunakan mesin pencari di internet.  

Oleh karena itu, diharapkan bahwa melalui portal Indonesia One Search yang dapat diakses di alamat http://onesearch.id dapat menjawab tantangan tersebut.  

Namun demikian, repositori ini akan jauh bermanfaat untuk sekaligus sebagai repositori warisan dokumenter bangsa, jika semua pihak termasuk Sesko TNI dapat berkontribusi aktif untuk bersedia berbagi informasi dan akses melalui Indonesia One Search yang tentunya kita harapkan terjadi melalui kerjasama penandatanganan MoU ini.

Naskah kesepahaman bersama tersebut akan menjadi payung hukum dalam kegiatan penyelenggaraan bersama secara operasional dan secara konsepsional sebagai bentuk realisasi tanggung jawab kedua instansi dalam upaya pemberdayaan sumber daya manusia. Hal ini tentunya memberikan manfaat bagi kedua pihak serta memiliki nilai strategis yang tinggi yang bermuara pada pencapaian peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia di bidang pertahanan.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Komandan Sesko TNI Marsekal Muda TNI Herry Irsal, para Direktur, Kakordos, Dankorsis Sesko TNI, serta pejabat Perpustakaan Nasional.

Komentar

Tampilkan

Terkini