» » » » Pekan Pancasila Bikin Pelajar Purwakarta Semakin Cinta Indonesia


PURWAKARTA. Para siswa SMAN I Purwakarta menyambut baik kegiatan Pekan Pancasila, Aku Indonesia Aku Pancasila yang diselenggarakan Kodim 0619 Purwakarta dan SMAN 1 Purwakarta.

“Senang sekali bisa menjadi peserta dan ikut mendengarkan paparan dari sejumlah narasumber. Saya bisa lebih mengenal Indonesia yang beragam suku bangsa,agama dan ras," ujar Afifah Fadilah, siswa Kelas XI IPA 3 SMAN I Purwakarta.

Afifah menilai, sebagai generasi muda kita harus mengenal Indonesia dengan kebhinekaannya serta menjunjung nilai-nilai Pancasila.

Dandim 0619 Purwakarta Letkol Inf Ari Maulana S.Sos melalui Kapten Arm Darsono menyebutkan, melalui kegiatan tersebut para siswa bisa memahami dan mengaplikasikan ilmu yang didapat dari pelaksanaan Pekan Pancasila.

“Kita berharap para pelajar semakin mencintai Indonesia, mampu mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupannya sehari-hari,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Purwakarta Asep Sundu mengatakan, Pekan Pancasila yang digagas Kodim 0619 Purwakarta merupakan sebuah bentuk pembinaan karakter siswa,terutama bagi siswa SMAN 1 Purwakarta termasuk para guru.

“Mudah-mudahan selain karakter keberagamaan, akan hadir karakter dari anak-anak yaitu karakter berkenegaraan dan berkebangsaan. Ilmu yang diperoleh para siswa pun menjadi bertambah,” ujar Asep.

Asep berharap kegiatan seperti ini tidak hanya satu kali saja tetapi berkesinambungan, mengingat sekolah yang dipimpinnyq pun telah melakukan kerjasama dengan sejumlah pihak seperti Kejaksaan dan Polres Purwakarta.

“Siswa sebagai penerus bangsa bisa mengutamakan toleransi tanpa mengedepankan primodialisme. Di sekolah diaplikasikan dengan pelajaran PKn yang mengandung nilai-nilai toleransi dan falsafah Pancasila,” pungkasnya. (Deni Ramdani)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: