» » Rakor Lintas Sektoral Kesiapan Pengamanan Pilkada Serentak 2018


BANDUNG - Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H, M.Tr (Han), ikuti kegiatan rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka kesiapan pengamanan Pilkada serentak 2018 yang dilaksanakan di Aula Mapolda Jabar Jalan Soekarno Hatta Bandung, Senin (25/6)

Melalui Vicon   Menkopolhukam Jenderal TNI (Pur) H.Wiranto menyampaikan bahwa , "sesi ini akan membahas tentang penyelenggaraan Pilkada serentak di 171 daerah di Indonesia ".

"Diharapkan penyelenggaraan Pilkada serentak ini dapat dilaksanakan dengan aman, tertib, jujur dan adil
dengan hasil akhir adalah pelaksanaan Pilkada yang sukses karena masyarakatnya dapat memilih pemimpin daerahnya dengan aman ", harapnya.

Peran dari TNI dan Kepolisian  harus bersatu padu untuk dapat mengamankan berjalannya Pilkada serentak yang aman dan damai.

Presiden mewanti - wanti kita agar setiap pejabat yang bekepentingan dapat  melaksanakan Pilkada ini dengan baik dan aman.

Ditempat yang sama Ketua Bawaslu RI Aphan, S.H. menyampaikan,  " agar dilaksanakan pencegahan untuk tidak terjadinya pelanggaran - pelanggaran ".

" Bila terjadi persoalan pada hari H untuk segera berkoordinasi dengan Pejabat KPU dan dilakukan berdasarkan undang - undang, ucapnya.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyampaikan, " tentang anggaran penyelenggaraan Pilkada sudah dianggarkan jadi tidak ada masalah ".

Radiogram sudah menyampaikan untuk mensiagakan jajaran untuk dapat koordinasi penuh kepada Kapolres dan Dandim setempat bahkan sampai ke Koramil.

Selain itu Kapolri Irjen Pol Tito Karnavian menyampaikan , " bahwa Kepolisian sudah membentuk satgas operasi untuk mengamankan tentang tahapan - tahapan pemilu dan tahapan inti dari mulai pencoblosan hingga penghitungan suara ".

" Ada indikator sebagai kerawanan pelaksanaan Pilkada diantaranya Sumatera Utara, Sumatera Selatan Maluku, Sulawesi selatan Makasar, Kalimantan Barat dan Papua dan
total personil pengaman seluruh Indonesia sebanyak 121.000 personil ", tuturnya.

Dikataknnya , " kehadiran TNI ditengah - tengah tugas Kepolisian sangat terasa, terbukti pada pelaksanaan tugas pengamanan arus mudik dan arus balik lebaran dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada anggota Polri saat melaksankan tugas ", jelasnya.

Kapolri menekankan agar jaga netralitas sekaligus juga sanksi - sanksi mulai dari tegoran hingga mutasi tugas, bangun komunikasi baik dengan Toga, Tomas dan seluruh elemen masyarakat, lakukan penggalangan kepada paslon, parpol dan pendukung serta koordinasikan dengan media untuk menulis pemberitaan yang menyejukkan.

Ditempat yang sama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan, " bahwa ada 2 aspek yang harus dikerjakan oleh TNI yaitu menjaga keamanan pelaksanaan Pilkada serentak dan menjaga netralitas Pilkada ".

" TNI juga sudah mengeluarkan perintah harian Panglima TNI yang bunyinya pegang teguh komitmen netralitas dan jati diri TNI dengan tidak terlibat politik praktis serta tingkatkan kemanunggalan dengan rakyat ", tegasnya.(51III)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: