» » Membangun Harmonisasi Dalam Kehidupan Masyarakat Jawa Barat Sebagai Bagian Dari Kekuatan Ekonomi Nasional

Perkembangan Ekonomi Nasional Dihadapkan Dengan Kondisi Politik Dan Peran Serta Masyarakat

Oleh Eko Ismadi 

Berbagai macam pendapat bergulir dmasyarakat sekarang ini. Sepertinya sebuah berita yang simpang siur tanpa diketahui dari mana sumbernya. Namun yang aneh yang memberikan pernyataan dalam artikel yang ditulis tidak atau bukan orang sembarangan tetapi justru pejabat publik seperti Menteri, pengamat Ekonomi, atau bahkan adapula ahli hukum. Contohnya dapat kita lihat ketidak singkronan pernyataan satu dengan yang lain padahal diantar mereka ada keterkaitan, yang satu mengatakan angka kemiskinan turun dan yang satu naik, ada ekonomi Indonesia surplus dan aman kemudian yang lain menyatakan dalam situasi berbahaya.

Dengan kondisi seperti ini siapa sebenarnya yang harus bertanggung jawab terhadap pemberitaan dan  control akan komunikasi publik intansi pemerintah maupun kegiatan yang berpengaruh terhadap kehidupan sosial masyarakat. Semoga kondisi seperti ini segera dapat diubah atau diminimalisir sehingga dapat tercipta kehidupan yang harmonis, selaras, serasi, seimbang, aman, tentram, tenang, dan damai.

Salah satu permasalah masyarakat sekarang ini adalah peningkatan ekonomi yang dirasa semakin sulit dan menekan, tidak hanya masyarakat bawah tetapi semua lapisan bahkan pelaku ekonomi pasar saja sangat merasakan keadaan ini. Sebagai bangsa Indonesia kita harus sadar perkembangan seperti sekarang tidak mungkin untuk dihindari tetapi harus dihadapi. Adapun caranya adalah dengan memfilter mana yang dapat dimanfaatkan, mana yang harus disisihkan, dan mana yang harus dikembangkan, bagi kehidupan yang berkesinambungan dan berkelanjutan. Kemudian inilah yang disebut sikap harmonisasi.

MEMAHAMI HARMONISASI

Dalam bahasa Indonesia harmonisasi berakar kata dari har•mo•ni•sa•si, oleh sebab itu diartikan sebagai pengharmonisan; upaya mencari keselarasan.  Bagaimana harmonisasi dapat menjadi sarana untuk memperkuat ekonomi ? Inilah yang perlu menjadi perhatian kita bersama, karena kehidupan ekonomi menjadi sendi kehidupan vital masyarakat sepanjang hidupnya.

Kondisi yang harmonis akan menciptakan rasa aman untuk berbisnis, berusaha, dan melakukan aktivitas ekonomi. Karena bila keharmonisan tercipta dalam kehidupan masyarakat maka akan menjamin kelancaran trasaksi, kegiatan perdagangan, dan aktivitas jual beli, tidak dihantui rasa kawatir dan wawas akan adanya permasalahan yang dapat menghentikan kegiatan usaha. 

HARMONISASI BAGI PEREKONOMIAN JAWA BARAT

Beberapa tahun terakhir ini ekonomi Jawa Barat sangat meningkat dengan tajam, ini ditandai dengan perkembangan pembangunan dan perubahan kondisi yang terjadi di Kota Bandung dan Purwakarta sebagai titik central kemajuan dan wilayah lain sebagai penopang dan membram bagi aktivitas kegiatan ekonomi nasional Indonesia sekarang ini.

Kondisi ini sangat diperlukan bagi masyarakat terutama pelaku ekonomi pasar baik yang modern maupun pasar tradisional. Tentunya pasar tradisional yang menjadi stang seker penggerakan roda perekonomian. Tradisional ekonomi sebagai basi dan benteng pergeseran ekonomi lokal dalam menghadapi pengaruh globalisasi dan perkembangan digitalisasi.

Apa yang diharapkan masyarakat dengan Harmonisasi? Kepemimpinan daerah hasil pilkada 2018 yang baru selesai dan telah menghasilkan pemimpin terpilih, semoga dapat menciptakan kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat yang harmonis, sehingga tercipta sistim pemerintahan, kebijaksanaan, dan kepemimpinan sebagai mana yang telah diuraikan tersebut.

EKONOMI, MODERNISASI, DAN SEJARAH

Bandung dengan posisinya yang berdampingan dengan Jakarta sebaga Ibukota, memiliki nilai strategis yang sangat berarti bagi kemajuan ekonomi nasional. Oleh sebab itu tidak heran bila sejak zaman Belanda Bandung Dan Jawa Barat sudah menjadi sumber kekuatan kekuasan Belanda,bahkan tidak hanya itu Bandung juga memiliki nilai strtaegis dibdang militer.

Hampir semua wilayah di Jawa Barat Memiliki nilai sejarah sekalipun wilayah yang menjadi bagian pemekaran seperti Kab Bandung Barat, Kab bandung, dan Depok. Hanya yang menjadi icon international adalah Kota Bandung. Harapan kita kegiatan ekonomi, modernisasi, dan sejarah dapat berjalan selaras dan seimbang, karena Kota Bandung banyak terdapat bangunan bersejarah dan tempat tempat bersejarah. 
Tempat itu tidak hanya menjadi kenangan atau pemandangan saja tetapi sekarang ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber ilmu pengetahuan terutama ilmu tehnik, sebagai bahan study pustaka, skrepsi, tesis, dsn desertasi. Bahkan tidak hanya menraik perhatian mahasiswa Indonesia saja tetapi juga mahasiswa dari universitas luar negeri maksud saya bukan pula mahasiwa Indonesia yang belajar diluar negeri tetapi warga negara Asing.

Upaya yang harus dilakukan adalah mengembangkan pemikiran ilmu pengetahuan tehnik dari luar negeri namun didasari oleh kepentingan sejarah dan kelstarian bangunannya. Agar Ciri Kota Bandung sebaga Paris Van Java tidak habis ditelan jaman tetapi

Sekarang ini Sarjana lulusan Amerika banyak yang menetap di Bandung, tetapi kenapa dimusim hujan Bandung justru menjadi wilayah rawan bencana banjir musiman ?
Yang kita ketemukan di Kota bandung pada musim hujan adalah jalan raya menjadi saluran air di wilayah yang bergunung dan menjadi genangan air di wilayah dataran. Semoga dengan adanya pembangunan yang berwawasan sejarah di Kota Bandung maka hal ini tidak akan terjadi.

HARAPAN DAN DOA

Kami sebagai rakyat hanya bisa berharap dan berdoa semoga kondisi yang selama ini sudah berlangsung serasi dan aman serta terjalin kehidupan yang harmonis dalam dilanjutkan dan dilestarikan. Inilah kewajiban seorang pemimpin dari hasil pilkada 2018. Tidak hanya mencari sensasi tetapi melahirkan konsep kebangsaan yang menyentuh pemikiran fundamental yang dipentingkan rakyat yang dipimpinnya.

Pemimpin yang baru dapat mewaris nilai luhur dari pejuang dan pendahulu serta dapat menentukan sebagai pembelajaran. Bukan kebijakan dan tampilan baru tetapi melahirkan atau meunmbuhkembangkan lagi permasalah lama yang pernah dialami bangsa Indonesia. Tetapi berlangsung harominis dan menyegarkan kehidupan masyarakat dan kegiatan ekonomi Jabar Dan Kota Bandung.

PENUTUP

Kami beranikan menulis ini bukan kapasitas sebagai ahli ekonomi ataupun berstatus sebagai putera daerah Bandung atau Sunda, namun hanya sebagai bagian bangsa Indonesia yang hidup dan tumbuh berkembang di Kota Bandung. Menulis ini juga hanya didorong oleh rasa bangga dan peduli terhadap Bandung Dan Jawa Barat.

Dengan adanya harmonisasi dalam kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat maka kondisi kehidupan masyarakat akan dapat aman, tenang, tenram, dan damai, semenatara dalam kehidupan ekonomi khususnya kegiatan usaha dan bisnis dapat berlangsung normal terhindar dari isu konflik dan persaingan yang tidak sehat.

Semoga tulisan ini bermanfaat, ada ulasan yang tidak tepat masih terbuka untuk mengadakan koreksi dan persamaan persepsi guna menemukan konsep kebangsaan yang baik dalam memeran Jawa Barat sebagai kekuatan Ekonomi Nasional. Kita ucapkan selamat kepada pemimpin daerah terpilih dan seluruh komponen bangsa juga selamat bekerja.

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: