» » Paripurna Hari Jadi Purwakarta ke - 187 dan Kabupaten Purwakarta ke-50 Diwarnai Ratusan Kursi Kosong


PURWAKARTA. Paripurna Hari Jadi Purwakarta ke-187 dan Kabupaten Purwakarta ke-50 diwarnai dengan ratusan kursi yang tampak kosong, Jumat (20/7)

Padahal, tahun-tahun sebelumnya kegiatan sidang paripurna hari jadi ini kerap digelar secara unik dan mengusung konsep yang kental dengan budaya dan kearifan lokal. Lokasinya sendiri biasanya digelar di sekitar kantor pemerintahan dan memanfaatkan keindahan taman yang ada di situ.

Namun tahun ini, kegiatan hari jadi kembali ke masa-masa sebelumnya. Yakni, kembali digelar di gedung DPRD dengan konsep lama. Bahkan, banyak kalangan menilai kegiatan hari jadi tahun ini terasa hambar.

Terbukti, dalam sidang paripurna istimewa yang digelar hari ini pun, terpantau banyak deretan kursi tamu yang kosong. Padahal, dalam kegiatan ini panitia telah menyebar ribuan undangan ke berbagai elemen masyarakat.

"Banyak yang tidak hadir. Mungkin sekitar 60 persen saja tamu undangan yang hadir," ujar Ketua Gerakan Moral Masyarakat Purwakarta (GMMP) Hikmat Ibnu Aril yang saat itu turut menjadi salah satu tamu undangan.

Selain unsur muspida dan sejumlah elemen lainnya, dalam kegiatan ini turut hadir pula mantan bupati-bupati terdahulu. Namun, pihaknya menyayangkan ketidakhadiran Dedi Mulyadi dalam kegiatan hari jadi tersebut.

Senada dengan Aril, Ketua Parlianment Watch Indonesia (Parwi) Kabupaten Purwakarta Eka Prabu mengatakan hal serupa. "Saya perhatikan banyak juga anggota dewan yang tidak hadir. Jelas hari ini mereka cenderung makan gaji buta. Sedangkan kinerjanya sangat minim," kata Eka mengkritik.

Menurutnya, indikasi minimnya kinerja DPRD ini nampak dari angka kehadiran mereka di kantor yang beralamat di Jalan Ir Djuanda, Ciganea Purwakarta ini.

Demikian halnya dilihat dari produktivitas Perda (Peraturan Daerah) yang dihasilkan. "Selama ini, Perda yang lahir lebih banyak usulan eksekutif, bukan legislatif," ucapnya. (DeR)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: