» » Peringati Nuzulul Qur’an di Mesjid At-Taqwa Yonif Para Raider 433 Kostrad


SAMBUEJA - Setelah Selesai melaksanakan shalat Tarawih segenap prajurit Yonif Para Raider 433/JS dibawah pimpinan Danyonif Para Raider 433 Kostrad Mayor Inf Yudy Ardiyan Saputro, S.I.P. memperingati peristiwa penting bagi umat Islam dibulan Ramadhan, yaitu Nuzulul Qur’an (turunnya Al Qur’an). Sambueja, Selasa. (21/05/19).

Kegiatan yang berlangsung dimasjid At-Tawqa itu berlangsung sederhana dan khidmat dan acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al qur’an oleh Sertu Baharuddin dilanjutkan sambutan Danyonif Para Raider 433 Kostrad serta ceramah agama oleh Ustaz Muhammad Saing, S.Pd.i. yang bertemakan “Melalui Puasa Ramadhan, Nuzulul Qur’an dan Idul Fitri 1440H/2019M, Kita Tingkatkan Iman dan Taqwa Prajurit Kostrad Dalam Mendukung Tugas Pokok TNI-AD”.

Dalam ceramah malam Nuzulul Qur’an yang biasa disebut dengan malam 17 Ramadhan diperingati hari ini, demikian besarnya keistimewaan Nuzulul Qur’an karena Allah SWT menurunkan mukjizat terbesar bagi Nabi Muhammad SAW yang menjadi pedoman hidup umat Islam yaitu Al qur’an. Menurut As-Suyuthi Nuzulul Qur’an jika diterjemahkan kata perkata bermakna”turunnya Al Qur’an”, yang diturunkan tidak sekaligus tetapi dua tahap, tahap pertama dari Lawh al-Mahfudl ke Bayt al-Izzah (langit dunia yang paling rendah) secara keseluruhan dan turun sekaligus, yang terjadi pada malam Qadar (Laylah al Qadar).

Tahap kedua dari Bayt al-Izzah ke dalam hati Rasulullah SAW secara bertahap selama dua puluh tiga tahun kenabian Muhammad SAW, adapun yang pertama kali diturunkan terjadi di bulan Ramadhan, melalui Malaikat Jibril. Al Qur’an merupakan kitab suci, yang isinya sesuai dengan kehidupan umat muslim dan tidak bertentangan perintah dan isinya.

Bahwa Al Qur’an itu adalah pedoman hidup umat muslim dan segala sesuatu didalam Al Qur’an itulah pedoman selama di dunia dan akhirat, selanjutnya kita harus bisa membaca Al Qur’an dengan cara yang baik dan benar, selain bisa membaca dan mengaji, kita juga harus tahu isi kandungan dalam Al Qur’an dari ayat perayat dengan begitu kita akan memahami isi ceritanya.

Hadir pada acara tersebut seluruh prajurit beserta keluarga Yonif Para Raider 433 Kostrad yang beragama muslim dan masyarakat sekitar Asrama Militer Yonif Para Raider 433 Kostrad.

Yonif Raider 514 Kostrad Ikuti Apel Kesiapsiagaan Bencana Di Alun-Alun Bondowoso

Batalyon Infanteri Raider (Yonif R) 514 Kostrad melaksanakan Upacara Kesiapsiagaan Bencana yang dilaksanakan dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN), upacara dipimpin oleh Wakil Bupati Bondowoso bapak H. Irwan Bachtiar Rachmat bertempat di Alun-alun Kota Bondowoso. Senin (20/05/2019).

Wakil Bupati Bondowoso bapak H. Irwan Bachtiar Rachmat dalam sambutannya menjelaskan bahwa kita setiap orang wajib mempunyai kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana” serta beliau menghimbau agar seluruh Stakeholder turut mensosialisasikan kesiapsiagaan bencana yang datang di mana saja dan kapan saja.

Upacara yang berlangsung hikmat ini, dimulai dengan mengheningkan cipta oleh seluruh peserta upacara kemudian dilanjutkan dengan mempertontonkan berbagai macam simulasi kesiapsiagaan bencana. Diantaranya adalah mendirikan tenda darurat, dapur umum hingga penanganan medis.

Turut hadir personel Kodim 0822/Bondowoso, Forpimda, Kepolisian Resort Bondowoso, Brimob Bondowoso, Satpol PP, Polhut Bondowoso, Banser NU, Kokam Muhammdiyah, Tagana Dinas Sosial, Palang Merah Indonesia (PMI) dan pelajar.

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: