» » » Pangdam IM Hadiri Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke 91 Serta Tabliq Akbar Dan Deklarasi Damai


Banda Aceh - Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko, menghadiri upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 tahun 2019 dan Tabliq Akbar dan Deklarasi Damai di Blang Padang, Banda Aceh, Senin 28 Oktober 2019.

Adapun yang menjadi Inspektur Upacara yakni Plt Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah dengan Komandan Upacara Danyon Armed 17/Komposit, Mayor Arm Oke Kistiyanto.

Peserta upacara diikuti dari unsur TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara, dan kalangan pemuda, mahasiswa, pelajar serta pramuka.

Tampak hadir Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud, Kasdam IM Brigjend TNI A. Daniel Chardin, S.E, Wakapolda Aceh Brigjen Pol Supriyanto Tarah serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Aceh,Muzakir Manaf serta para Rektor dan pimpinan media massa. Selain itu juga dihadiri mantan kombatan, berbagai komponen masyarakat diantaranya, tokoh adat, tokoh Agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, se Provinsi Aceh.

Ribuan orang memenuhi lapangan upacara Blang Padang, adapun kegiatan dimulai pembacaan ayat Suci Alquran, Shalawat Badar, pengibaran Sang Merah Putih, mengheningkan Cipta, pembacaan teks Pancasila oleh Irup, pembacaan pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia, pemberian penghargaan kepada pemuda pemudi berprestasi, pembacaan amanat Menpora dan pembacaan doa.

Dilanjutkan dengan tampilan Marching Band dari personel grup Marching Band Genderang Samudera Pasai dari Poltekpel Malahayati, Tausiah oleh Ustadz Ahmad Alhabsyi, Tarian Drama Kolosal Cut Nyak Dhien, pembacaan Puisi, pembacaan Ikrar Aceh Damai dan Sejahtera oleh Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud didampingi Forkopimda Provinsi Aceh, pelepasan Burung Merpati, penandatangan Ikrar Aceh Damai dan Sejahtera serta pemberian santunan kepada anak yatim.

Dalam amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali yang disampaikan Plt Gubernur Aceh mengatakan bahwa Hari Sumpah Pemuda Ke-91 mengambil tema “Bersatu Kita Maju”, yaitu untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam sumpah pemuda, bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita Bangsa.

“Tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen Bangsa, tetapi bagi Pemuda menjadi keharusan karena ditangan Pemuda lah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah Pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia,” ucap Menpora RI.

Disisi lain dalam sambutannya, Menpora juga menegaskan semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisispasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia.

Acara berlangsung meriah, ribuan orang memenuhi lapangan menyaksikan acara Upacara Hari Sumpah Pemuda serta Tabliq Akbar dan Deklarasi Damai. Acara diakhiri dengan ramah tamah.

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: