-->

Iklan

Gaya Hidup

Akibat Tungku Masih Menyala, Sebuah Rumah Semi Panggung di Cikawet Ludes Terbakar

Selasa, 16 Juni 2020, 15:04 WIB Last Updated 2020-06-16T08:05:14Z

Bandung Barat -  Sebuah rumah milik Idad (58) di Kampung Sukarasa Rt 02 Rw 02, Desa Wangunjaya, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, ludes dilalap sijago merah, Selasa (16/6/20).

Diduga kebakaran tersebut terjadi akibat tungku api yang masih menyala saat Idad pergi ke ladang.

Komandan Pos Wilayah (Danposwil) Cikalongwetan, Yadi Supriadi menjelaskan, sebelum pergi ke ladang, korban sempat memasak makanan untuk bekal makan siang. Namun api di tungku tersebut tidak sepenuhnya dalam kondisi padam.

"Sewaktu pemilik rumah meninggalkan kediamannya untuk pergi ke kebun, dia lupa untuk mematikan tungku sehabis memasak buat perbekalan ke kebun. Penyebab kebakaran diperkirakan dari tungku," kata Yadi saat dihubungi sjonews.com, Selasa (16/6/20).

Ia menambahkan, banyaknya bahan yang mudah terbakar lantaran kondisi rumah tersebut semi panggung, membuat api mudah menjalar ke bagian lainnya.

"Hanya 1 unit rumah tinggal semi panggung ukuran 12 m² x 8 m² dan seluruh benda milik yang bersangkutan tidak tersisa. Kerugian ditaksir mencapai 175 juta rupiah," katanya.

Meski demikian, jauhnya akses ditambah tidak adanya hydran menjadi kendala petugas dalam memadamkan api.

"Untuk menjangkau ke lokasi kita butuh waktu 12 menit, untuk kendala dilapangan mungkin hanya jarak dari titik gajah merah sampai ke tkp lumayan jauh," tuturnya.

Yadi menghimbau, agar masyarakat berhati-hati saat hendak meninggalkan rumah. Periksa kembali listrik yang terhubung maupun kompor sebelum meninggalkan rumah sehingga kejadian serupa tidak terulang.

"Api dan listrik harus dipastikan padam saat hendak meninggalkan rumah," pungkasnya.

Api baru dapat di padamkan setelah petugas mengerahkan 1 unit pancar dan anggota jajaran regu 2, tambahan 1 regu 3 dan 2 personil dari regu 1.(Dst)


Komentar

Tampilkan

Terkini