-->

Iklan

Gaya Hidup

Diduga Ban Tak Layak Pakai, Bagian Belakang Truk Bermuatan Kelapa Terbakar di KM124 Tol Purbalenyi

Sabtu, 13 Juni 2020, 01:20 WIB Last Updated 2020-06-12T18:20:32Z

Kota Cimahi - Diduga karena terlalu memaksakan menggunakan ban yang sudah tak layak pakai, Sebuah Truk barang bermuatan kelapa terbakar di ruas Jalan Tol Km 124 arah Jakarta menuju Bandung. jumat (12/6/20).

Menurut Antony (60) Sopir Truk, peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 19.15 WIB. Sebelumnya sempat melintasi turunan panjang sehingga menyebabkan gesekan panas pada ban. 

"Awalnya saya melihat ke arah spion, tiba-tiba muncul asap tebal di bagian ban belakang sebelah kiri," ujarnya.

Setelah melihat kepulan asap tersebut sang sopir pun langsung menepi dan Dani (49) Kernet Truk, langsung turun untuk melihat bagian belakang kendaraan sebelah kiri. 

"Saat dilihat ke belakang ternyata ada muncul api di bagian ban belakang," tuturnya.

Beruntung saat kejadian ada pengendara yang kebetulan sedang melintas langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran setempat. 

"Saya gak tau tiba-tiba beberapa menit kemudian ada petugas pemadam datang kelokasi, mungkin ada yang bantu menghubunginya,"ungkapnya.

Petugas Pemadam Kebakaran Kota Cimahi yang mengetahui peristiwa tersebut, langsung mendatangi lokasi kejadian guna melakukan upaya pemadaman. 

"Barusan menerima laporan terkait terbakarnya kendaraan di jalan tol, kami pun menjangkau lokasi sekitar 8 menit," kata Indrahadi, Danru 1 Pemadam Kebakaran Kota Cimahi.

Menurut Indra, Peristiwa tersebut terjadi begitu cepat. Kencangnya tiupan angin ditambah banyaknya bahan yang mudah terbakar membuat api mudah merembet ke bagian lainnya. 

"karena durasinya sangat cepat, akhirnya 4 ban di bagian belakang kendaraan tersebut sudah habis dilalap api dan bagian kolong truk yang terbuat dari papan pun ikut terbakar," ungkapnya.

Sementara itu penyebab pasti kebakaran belum dapat diketahui, karena saat kejadian api langsung menyala di bagian ban belakang. 

"Dugaan sementara menurut saksi penyebab terbakarnya karena gesekan rem," ujarnya. 

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian material ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

"Tidak ada korban, hanya setengah bagian kolong kendaraan saja yang terbakar," pungkasnya.

Api baru bisa dipadamkan sekitar 11 menit, setelah petugas mengerahkan 3 unit pancar dan 11 anggota pemadam.(DSt/Wld)


Komentar

Tampilkan

Terkini