-->

Iklan

Gaya Hidup

Keren TNI AU Terjunkan Babinsa, Lanud Sulaiman Sebar Tiga Bintara Pembina Angkasa di Kecamatan Margahayu, Banjaran dan Ciwidey

Minggu, 16 Agustus 2020, 03:00 WIB Last Updated 2020-08-24T20:59:54Z

Bandung - Kehadiran Babinsa di tengah masyarakat merupakan salah satu peran interaksi TNI dengan masyarakat dalam rangka pembinaan teritorial kewilayahan. Bintara pembina desa juga seakan menjadi solusi bagi warga dalam memecahkan permasalahan sosial di lingkungan masyarakat. Peran tersebut bukanlah hal aneh, interaksi Tentara dan Rakyat telah terbentuk semenjak masa perjuangan.


Seiring perkembangan zaman TNI AU juga memiliki peran dalam pengembangan potensi kedirgantaraan guna menjalin hubungan interaksi masyarakat dengan TNI AU di lingkungan lanud berada.


Kini TNI AU memiliki Babinsa di tiap Lanud, namun ada yang berbeda dari namanya yaitu, Bintara Pembina Angkasa kepanjangan dari Babinsa nya matra udara.


Pembentukan Babinsa Angkatan Udara  Berdasarkan kebijakan pimpinan TNI AU, yang tertuang dalam Perkasau tanggal 29 Juli nomor 22 tahun 2019 tentang pembentukan bintara pembina angkasa di seluruh lanud.


Tugasnya sebagai mediator antara lanud dengan desa-desa di sekitar pangkalan,  dan juga dengan desa-desa yang terdapat spot olahraga kedirgantaraan. Dengan harapan, dapat mengembangkan dan meningkatkan potensi kedirgantaraan di wilayahnya masing-masing.


Diharapkan dengan pengukuhan Babinsa Lanud Sulaiman para personel yang mengawaki dapat segera beradaptasi dan peka terhadap lingkungannya, serta mampu berkomunikasi dengan aparat pemerintah setempat. 


“Baik dengan Babinsa Angkatan Darat, Bintara Pembina Samudra Angkatan Laut, maupun dengan Bhabinkamtibmas Polri. Selain itu, mampu berkolaborasi untuk menciptakan keamanan bagi masyarakat, sehingga setiap permasalahan yang dijumpai di wilayahnya dapat  diselesaikan dengan baik,” jelas Danlanud.


Pelaksanaan Babinsa sudah dilaksanakan berdasarkan Surat Perintah terhitung tanggal 10 Januari 2020. Namun, karena adanya wabah Covid-19 maka pengukuhan Bintara Pembina Angkasa Lanud Sulaiman baru dapat terlaksana pada hari ini, Jum'at (14/8) lalu.


Dengan pengukuhan Babinsa Lanud Sulaiman diharapkan pula agar para personel yang mengawakinya mampu mengembangkan kemampuan intelijen teritorial, kemampuan pembinaan wilayah, kemampuan pengawasan wilayah, kemampuan pembinaan rakyat terlatih, dan kemampuan sebagai inovator pembangunan.


Tiga Babinsa TNI AU  Diterjunkan di  Kecamatan Margahayu, Banjaran dan Ciwideuy Sebagai Solusi dan Inovator Di Masyarakat


Para Babinsa tersebut, yaitu Serma Ers Triyanto  dengan jabatan sebagai Bintara Pasukan Sikamhanlan Disops Lanud Sulaiman merupakan Babinsa Lanud Sulaiman daerah Margahayu. Serka Sunarto dengan jabatan Bintara Operator Komputer Subsinatdirga Disops Lanud Sulaiman merupakan Babinsa Lanud Sulaiman daerah Banjaran kab. Bandung. Sedangkan Babinsa Lanud Sulaiman daerah Ciwidey kabupaten Bandung dipercayakan kepada Serka Ujang Ruhiyat  dengan jabatan sebagai Bintara Perawat Gadar Rumkit Lanud Sulaiman.


Selamat bertugas Bintara Pembina Angkasa..


Komentar

Tampilkan

Terkini