-->
  • Jelajahi

    Copyright © SJONEWS.COM
    Best Viral Premium Blogger Templates
    bank bjb

    Iklan

    Gaya Hidup

     


    Veteran Pejuang Siluman Merah Penjaga Proyek Strategis Nasional di Jawa Barat

    Kamis, 31 Desember 2020, 21:18 WIB Last Updated 2020-12-31T14:18:30Z

     



    Oleh : Aom Roedy Wiranatakusumah




    Perjalanan di akhir tahun di 2020 merupakan rangkuman kegiatan yang dapat memberikan refleksi dalam menyongsong tahun baru 2021 sebagai lembaran pencapain bagi setiap mahluk sosial. 




    Menjelang akhir bulan Desember 2020, penulis kembali mengunjungi Manusia tertua di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat berstatus sebagai veteran pejuang kemerdekaan dari Pasukan Siluman Merah adalah Aki Rohidin ( 109 tahun) dan Aki Muhidin ( 111 tahun) mereka adalah bagian dari 365 prajurit tangguh dibawah komandan Alm Let.Jend (purn) Achmad Wiranatakusumah yang juga sebagai pendiri Komando Strategis Cadangan Angkatan Darat (KOSTRAD) 




    Secara resmi kedua pejuang veteran ini diakui Pemerintah Republik Indonesia dan pemengang amanah dalam menjaga pelestarian lingkungan, loyalis tanpa lelah sejak pra kemerdekaan hingga kini kendatipun hidup dalam serba minim dan tidak pernah meresakan tentang hidup berkecukupan seperti generasi penikmat Kemerdekaan. Mereka hidup suatu kawasan pada masa penjajah hingga saat ini berdasarkan izin dari jaman trah Keluarga Wiranatakusumah yang secara turun termurun menjabat sebagai Bupati Bandung.



    Aki Rohidin dan Aki Muhidin veteran pejuang pasukan Siluman Merah menempati kawasan penting di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat yang memiliki dua Proyek Strategis Nasional bergengsi untuk kepentingan negara yaitu, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Upper Cisokan  (Upper Cisokan Pumped Storage Power Plant) dan Kereta Api Cepat China Indonesia (KCIC).  Kedua Veteran tersebut yang juga sebagai tokoh masyarakat di Kabupaten Bandung Barat , Jawa Barat hingga kini mampu dan semangat dalam menjaga lingkungan dan tetap amanah dalam menyokong kepentingan negara terutama dalam mewujudkan penyelesaian proyek PLTA Upper Cisokan yang memiliki kekuatan energi sebesar 1040 MegaWat merupakan tulang punggung melayani kebutuhan saat beban puncak di sistem transmisi Jawa – Bali, proyek ini atas inisasi kerjasama pemerintah Indonesia dengan pinjaman World Bank dengan nilai hampir 15 Triliun Rupiah. Pembangunan ini adalah proyek terbesar di ASEAN dan pasokan energi Upper Cisokan dapat membantu program pembangunan investasi asing pembangunan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah. Ini demi mempercepat proses relokasi investasi tujuh perusahaan dari Tiongkok yang berniat memindahkan pabriknya ke Indonesia imbas pandemi corona.



    Peran Aki Rohidin sebagai pejuang veteran yang meduduki dusun Cilawang, Desa Sukaresmi, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat merupakan salah satu wilayah penting untuk genangan proyek PLTA Upper Cisokan yang hingga kini terus dijaga dengan baik terlepas belum mendapatkan kejelasan nilai penggantian kepemilikan tanah dan bangunan dari pihak PT. Perusahaan Listrik Negara. 




    Aki Muhidin yang berdomisili di Desa Gunung Halu, Kecamatan Gunung Halu, Kabupaten Bandung Barat,Jawa Barat memiliki peran penting dalam menjaga lingkungan aliran hulu sungai Cisokan bersumber dari gunung gunung yang mengelilingi desa Gunung Halu. Semangat Aki Rohidion yang tuna aksara yang belum mendapatkan dana kehormatan veteran dengan keadaan fisik yang semangkin renta dan bungkuk tidak menjadi halangan dalam menjaga kemajuan Bangsa. Kedua veteran pejuang Siluman Merah adalah garda terdepan dalam menjaga Proyek Strategis Nasional di Jawa Barat demi kepentingan pembangunan dan kesejahteraan bangsa Indonesia. Semangat juang ini sangat tepat mengutip perkataan “ old soldiers never die, they just fade way” 


    Aom Roedy Wiranatakusumah 

    Penulis adalah Advokat dan pelestari budaya 


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Ekbis

    +